Pekanbaru, 29 Juli 2025 — Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau melaksanakan kegiatan Review Kurikulum Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tanggal 28–29 Juli 2025 bertempat di lingkungan Pascasarjana UIN Suska Riau. Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam upaya pengembangan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) untuk tahun akademik 2025.
Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister PAI, serta dosen-dosen homebase Magister PAI. Hadir pula mitra eksternal dari berbagai institusi pendidikan, antara lain Dekan Fakultas Tarbiyah STAI Diniyah Putri, Ketua Program Studi PAI STAI Alkifayah, serta dosen dari STAI Diniyah Putri dan STAI Masmur.
Review kurikulum ini bertujuan untuk menyelaraskan isi kurikulum dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang dirancang secara sistematis berdasarkan pendekatan OBE. Pendekatan ini menitikberatkan pada hasil belajar (learning outcomes) yang harus dicapai oleh mahasiswa, serta keterkaitannya dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan keilmuan mutakhir.
Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau dalam sambutannya menekankan pentingnya transformasi kurikulum menuju paradigma OBE sebagai respon terhadap dinamika global dan standar pendidikan tinggi internasional. “Kurikulum berbasis OBE mendorong program studi untuk tidak hanya fokus pada proses, tetapi juga pada luaran nyata yang dapat diukur dari lulusan. Ini menjadi indikator penting dalam menjamin mutu pendidikan,” ujarnya.
Selama dua hari pelaksanaan, kegiatan diisi dengan diskusi intensif mengenai struktur mata kuliah, pemetaan CPL, perumusan indikator kinerja lulusan, serta integrasi nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal dalam kurikulum. Para peserta juga membahas pentingnya integrasi teknologi digital dan penguatan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran.
Dengan dilaksanakannya review ini, Program Studi Magister PAI Pascasarjana UIN Suska Riau berharap dapat menghasilkan kurikulum yang tidak hanya relevan dan adaptif, tetapi juga mampu menjawab tantangan zaman dan melahirkan lulusan yang unggul, kompetitif, serta berdaya saing global.